PRO DAN KONTRA

Pro dan kontra dengan kehadiran buku saya berjudul 40 Hari Di Tanah Suci memang sering saya dengar. Jujur saja saya tuliskan di halaman saya. Sebab ada baiknya semua mengetahui masalah ini.
Saya pernah berdialog langsung dengan seseorang. Katanya buku saya adalah pengalaman pribadi. Jadi tidak akan banyak peminatnya. Lalu saya perbincangkan hal ini dengan seorang penulis buku di Jakarta. Katanya buku itu ibarat makanan pecal. Sebagian orang suka pecalnya orang Jawa, sebagian orang suka pecalnya orang Sumatera, jadi semua orang berbeda selera. Jadi dalam hal keragaman buku, semua ada kekurangan dan kelebihannya, jadi berarti semua buku berguna bila buku itu benar-benar akan menyumbangkan pengetahuan dan pengalaman yang baik buat pembacanya. Bila seseorang tadi lebih suka pengalaman orang banyak, sudah pasti ada orang yang tidak sama seleranya dengan dia. Inilah jawaban dari penulis dari jakarta itu.
Ada lagi yang mengatakan Buku saya berjudul 40 Hari Di Tanah Suci berisi 90 % pengalaman dan 10% hukum haji. Lalu seseorang bertanya kenapa buku saya tidak memuat fifty fifty antara keduanya. Lalu seorang penulis mengatakan, tentu saja tidak ada buku yang sesuai dengan keinginan kita. Bahkan buku yang kita tulis sendiri selalu punya kekurangan menurut kita sendiri. Jadi tidak akan ada buku yang sempurna kecuali kitab yang diturunkan Tuhan Pencipta Alam.
Ada lagi yang mengatakan, anda terlalu jujur dengan semua pengalaman anda. Sebaiknya anda cukup menuliskan yang biasa-biasa saja. Lalu saya mengatakan: saya memang ingin berbagi pengalaman dengan seluas luasnya. Jadi saya rasa lebih baik jujur mengutarakan semua kekurangan dan kelebihan kita. Bila seseorang itu punya kelebihan yang lebih dari saya, dia patut mensyukuri. Bila ia punya kekurangan yang lebih parah, tentu ia masih dapat membenahi diri untuk mencukupkan dirinya.
Seseorang mengatakan pula: andainya saya tahu kamu menulis buku, saya akan mengajari kamu cara membuat buku yang sesuai dengan perhajian, tapi banyak juga yang bekerja seprofesi dengan dia yang amat memuji sekali. Jadi jelas ada pro dan kontra. Namun orang orang yang kontra biasanya hanya seseorang yang selalu ingin mencari kesalahan orang lain, tapi belum punya kesempatan, minat, kemauan, untuk menulis sebuah karya yang pasti akan berguna buat banyak orang.

Oleh penulis buku:

<a href=”http://www.mandailingnatal.page.tl/”>40 Hari Di Tanah Suci</a>.

Advertisements

One comment on “PRO DAN KONTRA

  1. awaludin87 says:

    Tetap semangat Pak. Tanggapi kritik yang membangun saja. Yang melemahkan, tinggalkan saja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s